Persiapan SEO Dasar Untuk Blog Yang baru dibuat

Persiapan SEO Dasar Untuk Blog Yang baru dibuat
Banyak blogger baru yang belum paham sepenuhnya tentang nge-blog, perlu anda ketahui menjadi blogger tidak hanya menulis artikek tapi juga ada langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum memulai nge-blog. Mungkin yang ada difikiran para blogger pemula adalah memperbanyak artikel kapan saja dan berharap memiliki banyak pengunjung, itu suatu yang tidak mungkin bisa terjadi untuk blogger pemula tanpa ada melakukan usaha, saya berani katakan seperti itu karena saya pernah mengalami hal yang sama pada blog ini. Banyak mereka yang pemula tidak paham dengan langkah apa saja yang harus dilakukan saat blog selesai dibuat, dan langkapa apa saja yang harus dilakukan saat selesai membuar artikel baru.

Setelah saya memahami dan mendapatkan banyak sekali masukan mengenai tindakan yang harus dilakukan saat baru membuat blog dan artikel. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman khususnya untuk blogger pemula tentang Cara SEO Dasar Untuk Blog Yang baru dibuat. Ikuti langkah berikut dengan seksama.

1. Buatlah Blog
Saya yakin jika anda membaca artikel ini berarti anda sudah memiliki blog, jika belum buatlah blog agar bisa melakukan tahapan selanjutnya. Klik untuk daftar Blogger.com

2. Daftarkan dan Submit Blog Anda ke Google Webmaster Tools
Setelah anda selesai membuat blog yang harus anda lakukan adalah segera mungkin mendaftarkan blog anda ke Google Webmaster Tools. Jika anda belum mengerti cara mendaftar dan submit blog ke google webmaster silahkan anda baca Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools.
Dengan mendaftarkan blog anda ke google webmaster, robot pencari google dan blog yang anda miliki lebih mudah untuk di monitor, dan jika terjadi kesalahan pada blog anda akan langsung dan segera mungkin paebaiki.

3. Submit Blog Anda Ke Mesin Pencari Google

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan setelah blog selesai dibuat adalah mensubmit URL blog anda ke search engine atau mesin pencari, bisa dari google, bing maupun search engine lainnya. Tujuan melakukan submit adalah agar blog yang anda miliki bisa diindeks oleh mesin pencari, tkarena anpa melakukan indeks di search engine mungkin blog anda bisa dikenali mesin pencari hanya saja membutuhkan waktu yang lama. Untuk itu lakukanlah submit pada blog anda di mesin pencari segera mungkin dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

a. Silahkan masuk ke https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url kemudian akan muncul seperti gambar dibawah ini.


Google Webmaster Tools


b. Masukan URL blog anda pada kolom yang sudah disediakan seperti gambar diatas, beri tanda centang dibagian Saya Bukan Robot dan terakhir klik Kirim Permintaan. Jika berhasil blog anda akan dikenal oleh mesin pencari.

Untuk melakukan pengujian apakah blog anda sudah terindeks atau belum, silahkan masukan url blog anda dimesin pencarian, jika alamat blog anda muncul dihasil pancarian google, berarti google sudah mengindeks blog baru anda. 

4. Submit Sitemap Blog di Google Webmaster Tools
Mungkin banyak yang belum mengerti tentang Apa Itu Sitemap? Sitemap adalah peta situs yang menjelaskan isi blog anda. Peta situs akan membantu mempermudah mesin pencari untuk melakunan pencarian saat menelusuri blog anda. Untuk blog yang berplatform blogspot.com, peta situs biasa terletak pada http://blog_anda.blogspot.com/sitemap.xml.
Untuk mensubmit sitemap pada google webmaster tools bisa ikuti langkah berikut.

  • Masuk ke akun google webmaster tools
  • pilih dan klik blog anda pada daftar pilihan
  • Pilih menu Crawl kemudian pilih submenu Sitemap
  • Cari dan klik tombol Add/Test Sitemap kemudian tulis Sitemap.xml pada kotak yang telah disediakan. Setelah itu klik Submit Sitemap jika sudah selesai

Lakukan Resubmit setiap kali anda selesa menambah artikel yang anda publish, tujuannya agar robot google mudah mengindeks blog anda, dan artikel-artikel yang baru di publish cepat terindeks oleh mesin pencari google.

5. Submit Alamat URL Artikel Blog Anda yang Baru di Publish ke Search Engine
Setelah anda selesai membuat artikel baru, lakukanlah cara yang sama seperti nomer 3 diatas, hanya saja menggunakan URL artikel yang baru dibuat dan di publish, agar artikel yang baru anda publish lebih cepat terindeks di mesinpencari google. Lakukanlah tahap ini setiap anda selelsai membuat artikel.

Demikianlah arikel yang saya bagikan kali ini mengenai Persiapan SEO Dasar Untuk Blog Yang baru dibuat, semoga bermanfaat . Terimakasih