6 Cara Untuk Membuat Konten Blog Lebih SEO

6 Cara Untuk Membuat Konten Blog Lebih SEO

Belakangan ini sudah banyak sekali blogger blogger pemula yang bermunculan, contohnya saya. Mungkin hanya sebatas iseng atau memang ingin menjadi blogger handal. Tapi perlu diketahui, tidak semua blogger tahu tentang aturan-aturan yang diterapkan di blog. Mereka hanya memposting artikel tanpa memperdulikan kelengkapan postingan nya, Seperti SEO konten. Memang bisa dikatakan sepele, tapi jika kita selaku blogger tidak memperhatikan hal tersebut blog kita hanya dianggap spam dimata google. Bagi blogger handal yang sudah paham SEO, membuat suatu artikel adalah hal yang paling berharga dan membutuhkan waktu yang lama karena mereka tidak menginginkan para pengunjungnya kecewa dengan artikel yang dibuatnya. 

Untuk itu saya ingin mengajak anda untuk memahami SEO khusunya dibagian konten yang akan anda buat dan disebar luas melalui blog. Anda tidak perlu harus menjadi Blogger SEO karena dengan memahaminya saja anda pasti bisa melakukannya.


6 Cara Untuk Membuat Konten Blog Lebih SEO

1.Buat Title dan Meta Description Artikel
Title/Judul sangatlah penting buat blog menjadi SEO, karena judul adalah informasi yang paling awal yang akan dibuat. Buatlah judul yang deskriptif dan dapat mewakili topik dari konten yang akan dibuat, dan pastikan judul tersebut juga mengandung kata kunci penting. Buatlah judul yang bisa menarik perhatian calon pembaca dari mesin pencari seperti Google.
Contoh : 1. Membuat Blog SEO, coba bandingkan dengan 2. Cara Membuat Blog Menjadi SEO Friendly
Maka contoh nomer 2 lebih menarik calon pembaca dibandingkan contoh nomer 1, dan jumlah pengunjung yang akan meng-klik juga semankin besar.

2. Buat Konten Yang Original dan Berkualitas
Banyak blogger mungkin mengabaikan kualitas kontennya termasuk keaslian isi konten tersebut. Usahakan membuat konten yang berkualita dan original/asli. Mungkn banyak yang bertanya tentang bagaimana membuat konten yang original, sementara banyak juga blogger handal yang isi kontennya sama dengan blogger lain. Jika anda ingin menggunakan monten yang sudah ada boleh-boleh saja, anda bisa menggunakannya lagi dengan cara menggunakan bahasa anda sendri tanpa menghilangkan topik dari konten aslinya, saya rasa anda bisa paham soal itu. Terus bagaimana dengan artikel yang memiliki kualitas? sebenarnya Banyak sekali cara seperti membuat konten berupa artikel, gambar, video ataupun cuma salah satu dari mereka. Jangan terlalu mementingkan berapa banyak kata yang harus kita buat, mau membuat 500-5000 kata atau bahkan ratusan ribu kata yang terpenting adalah membuat artikel yang berkualitas dan membuat si pengunjung senang dengan artikel konten blog kita. 

3. Masukkan Gambar/ Video Yang Relevan
Usahakan dalam setiap membuat artikel selalu mencantumkan gambar/video. Akan lebih bagus lagi menggunakan video relevan atau yang sesuai dengan isi artikel yang akan dibuat. Jika menggunakan gambar, jangan lupa untuk memberikan tag ALT (alternative) pada gambar dengan keyword yang sesuai dengan topik yang ada dalam artikel. Ini tujuannya untuk optimasi gambar tersebut pada hasil pencarian di search engine.

4. Gunakan Tags Sewajarnya
Banyak blogger pemula yang belum memahami fungsi dari tags. mereka pasti memilih untuk memasukkan keyword dan tag sebanyak-banyaknya bahkan memasukan tag yang tidak perlu ke dalam konten mereka. Tags bertujuan untuk menunjukan topik konten yang dibuat, jadi jika memasukan banyak sekali tags akan membuat konten kita tidak fokus dan dianggap spam oleh mesin pencari. Buatlah tags yang sesuai dengan isi konten maksimal 5 tags saja.

5. Masukkan Keywords Sewajarnya
Hampir sama dengan Tags, Keywords juga termasuk hal yang terpenting dalam SEO. Gunakan lah keywords ini sewajarnya kedalam konten anda, anda bisa memasukan keywords mulai dari paragraf pertama hingga paragraf terakhir, Jangan terlalu banyak menggunakan keywords karena akan dianggap sebagai kegiatan keywords stuffing atau SPAM.

6. Membuat Link Ke Halaman Terkait
Membuat Link yang menuju halaman terkait baik itu internal ataupun eksternal adalah salah satu cara yang baik untuk meningkatkan SEO sebuah halaman konten di blog. Buatlah Link ke halaman lain yang isinya masih berhubungan dengan konten anda, dilengkapi dengan link referensi yang membuat konten anda lebih lengkap.


Mungkin 6 cara diatas bisa membuat konten blog anda lebih SEO, dengan cara yang sederhana sudah bisa meningkatkan on page optimization konten blog. Mungkin masih banyak lagi cara membuat konten lebih SEO yang anda ketahui, anda bisa juga berbagi tips melalui halaman komentar.
Demikianlah artikel mengenai 6 Cara Untuk Membuat Konten Blog Lebih SEO semoga bermanfaat. Terimakasih sudah meluangkan waktu anda untuk membaca di blog saya.